Selama ini, perawat Indonesia yang ingin bekerja di Jepang sebagai nurse atau careworker, hanya bisa melalui program pemerintah  (IJ-EPA). Namun mulai November 2017, kesempatan melalui program pemagangan telah terbuka lebih lebar. Melalui program pemagangan, tenaga kesehatan bisa bekerja sebagai careworker selama 3 tahun (maksimal 5 tahun jika memenuhi syarat). Tujuan program pemagangan Careworker adalah untuk mendapatkan pengalaman, meningkatkan skill dan menambah ilmu, dalam hal ini sebagai Careworker

Untuk perawat Indonesia yang ingin mengikuti program Careworker syarat utamanya adalah tetap harus mereka yang memiliki basic pendidikan keperawatan baik diploma, sarjana maupun yang sudah profesi Ners, serta memiliki kemampuan Bahasa Jepang minimal N3. Sebenarnya di Jepang sendiri, mereka yang bekerja sebagai Careworker tidak harus yang berpendidikan di bidang keperawatan, banyak orang Jepang yang lulus SMA sederajat dapat melamar kerja sebagai Careworker. Akan tetapi, karena di Jepang ada sekolah kejuruan khusus Careworker setelah lulus SMA dengan masa Studi 2 tahun, maka calon tenaga kerja dengan basic di bidang keperawatan yang memiliki kemampuan Bahasa Jepang tentu akan dapat mengimbangi sistem kejuruan Careworker di Jepang tersebut.

PERSYARATAN UNTUK MENGIKUTI PROGRAM CAREGIVER

  • WNI, Sehat jasmani & Rohani.
  • Wanita / Pria.
  • List Item #3Lulusan SMK Kesehatan / D3 Keperawatan / D3 Kebidanan dari STIKES/ S1 Ners/ atau pernah kerja sebagai Caregiver di Jepang melalui program EPA. (Wajib memiliki ijazah yang dikeluarkan oleh Universitas, Akademi, sekolah, dll)
  • Usia minimal 20 tahun, maksimal 35 tahun. Bagi yang pernah mengikuti program EPA maksimal sampai umur 37 tahun.
  • Bersedia mengikuti pendidikan Bahasa Jepang, kebudayaan, dan etos kerja orang Jepang selama 6-10 bulan. (untuk mencapai kemampuan Bahasa Jepang level N4 atau N3)
  • Mendapat izin orangtua untuk program pemagangan 3 tahun di Jepang.
  • Tidak memiliki riwayat penyakit dalam seperti : TBC, Kanker, Asma, Jantung, Hepatitis, dll.
  • Tidak bertato, tidak bertindik atau memiliki bekas tindik.

ALUR PEMBERANGKATAN