Yosakoi Matsuri よさこい祭り

Yosakoi Matsuri / Festival Yosakoi berlangsung pada Musim Panas tanggal 9-12 Agustus di Prefektur Kochi, Jepang. Apasih Yosakoi Matsuri itu? Yosakoi sendiri adalah tarian dengan cirikhas gerakan yang dinamis dan berirama. Sambil menari, di kedua belah tangan, penari membunyikan perkusi dari kayu yang disebut naruko. Awalnya Naruko adalah alat pertanian yang digunakan unruk menakuti segerombol burung dan hewan pengganggu agar tidak memakan tanaman yang sedang ditanam disawah. Namun sekarang beralih menjadi pelengkap tarian. Yosakoi Matsuri ini diikuti oleh seluruh kalangan baik pria/wanita, remaja bahkan orang dewasa. Penari dalam satu kelompok mengenakan kostum yang senada dengan kelompoknya berupa happi atau yukata.

 

ohmatsuri.come-bogu.com

 

Yosakoi pertama kali dipentaskan dimuka umum pada Maret 1950 dengan partisipasi penari mencapai 10.000 orang. Kemudian Festival Yosakoi ini pun pertama kali diadakan pada tanggal 10 Agustus-11 Agustus 1956 di Prefektur Kochi dengan total 750 penari yang tergabung dalam 21 kelompok.

Dan sampai sekarang festival ini sudah menjadi modern tari Musim Panas di Jepang hingga beberapa daerah di Jepang juga mengadakan Yosakoi Matsuri, seperti:

  1. Yosakoi in Oidensai, Toyokawa, Prefektur Aichi (Akhir mei)
  2. Noto Yosakoi Matsuri, Nanao, Prefektur Ishikawa (Awal Juni)
  3. Festival Yosakoi Soran, Sapporo (Pertengahan Juni)
  4. Kiryuu Yagubushi Matsuri, Kiryuu (Awal Agustus)
  5. Festival Yosakoi Odorunya Kishuu, Wakayama (Pertengahan Agustus)
  6. Harajuku Omotesandou Genki Matsuri Super Yosakoi, Shibuya, Tokyo ( Akhir Agustus)
  7. Sakado Yosakoi, Sakado, Prefektur Saitama (Akhir agustus)
  8. Nippon Domannaka Matsuri, Nagoya (Akhir Agustus)
  9. Nagahama Azai Appare Matsuri, Nagahama, Prefektur Shiga (Akhir Agustus)
  10. Utsukushima Yosakoi Matsuri, Prefektur Fukushima (Pertengahan September)
  11. Festival Yosakoi Michinoku, Sendai (Awal Oktober)
  12. Festival Yosakoi Sasebo, Sasebo (Akhir Oktober)
  13. Yosakoi Tokaido, Numazu, Prefektur Shizuoka (Awal November)
  14. Festival Yosakoi Surabaya, Surabaya, Indonesia (Awal Juli)

 Yap , tidak ketinggalan di Indonesia juga mengadakan Festival Tari Yosakoi yang diadakan setiap tahunnya di Surabaya berkisar pada bulan Juli.

humas.surabaya.go.id

Semenjak terjalinnya hubungan Sister City antara Kochi dan Surabaya, kedua kota tersebut terus berupaya meningkatkan kerjasama salah satunya dengan rutin digelarnya Festival Yosakoi di Taman Surya Kota Surabaya. Pada tahun 2018 kemarin ada sekitar 53 grup tarian yang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Bagaimana minna-san? sudah berencana pada bulan Juli datang pada acara Kompetisi Festival Tari Yosakoi se-Jawa Timur atau datang ke Jepang langsung melihat betapa meriahnya Yosakoi Matsuri berlangsung di jalanan sekitar beberapa kota di Jepang? ^0^

 

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Festival_Yosakoi

Respond For " Yosakoi Matsuri よさこい祭り "