4 Design Baru Mata Uang Jepang

Pada bulan April 2019, Pemerintah Jepang telah resmi mengumumkan pergantian Era dari Era Heisei menjadi Era Reiwa beserta turunnya tahta Kaisar Akihito (明仁), Kaisar Jepang ke-125 yang telah berkuasa pada tahun 1989- 2019 resmi turun pada tanggal 30 April 2019, dan kemudian digantikan oleh putra-nya yaitu Putra Mahkota Naruhito (徳仁) yang sekarang menjadi Kaisar Jepang ke-126. Tidak hanya pergantian Era dan Kaisar Jepang saja, Taro Aso (麻生太郎) menteri Keuangan untuk Jepang juga mengumumkan Design baru uang Jepang.

 

Mata uang Nasional Jepang adalah Yen, yang telah ditetapkan sejak tahun 21 Juni 1871  dan disimbolkan dengan ( ¥ ) dengan Kode Internasional nya adalah JPY. Perubahan design ini sangat bertepatan pada pergantian Kaisar dan nama era Jepang. Namun, berubahnya design mata uang Jepang ini tidak ada kaitannya dengan pergantian Kaisar dan Era Reiwa karena design uang Jepang berubah setiap 20 tahun sekali.

Perubahan design uang  Jepang berlaku pada 4 nominal uang. Design uang kertas Jepang berganti pada nominal 1000 ¥, 5000 ¥, dan 10.000 ¥  dan satu nominal uang koin 500 ¥. Walaupun Menteri Keuangan Taro Aso (麻生太郎)sudah mengumumkan design uang baru Jepang, uang koin jepang nominal 500¥ baru dikeluarkan pada tahun 2021 yang kemudian disusul uang kertas Jepang nominal 1000 ¥, 5000 ¥, dan 10.000 ¥  pada tahun 2024. Pada perubahan design ini, uang kertas menggunakan teknologi hologram tiga dimensi yang akan menyulitkan untuk adanya pemalsuan uang.

 

Seperti Rupiah design Yen juga selalu menampilkan tokoh-tokoh pahlawan yang cukup terkenal. Seperti pada uang 100.000 ribu rupiah menampilkan wajah tokoh Bapak Soekarno dan Bapak Muh. Hatta yang merupakan Presiden dan Wakil Presiden Pertama Indonesia. Atau pada uang 2000 rupiah menampilkan wajah tokoh Pangeran Antasari yang merupakan pimpinan pemerintah tertinggi di Kesultanan Banjar.

 

Sedangkan pada Design Yen Baru yang telah diumumkan Taro Aso beberapa pekan kemarin adalah :

500¥

Pada koin 500 ¥ ini memiliki perubahan pada design warna nya dan bahan. Semula pada koin 500 ¥ lama hanya memiliki satu warna yaitu perak. Untuk design 500¥ baru memiliki 3 lapisan dengan dua warna yaitu emas dan perak, dimana warna emas pada sisi luar sedangkan warna perak pada sisi dalamnya. Pada bahannya menggunakan Nikel Kuningan, Tembaga putih, dan tembaga.

                                                                                                                                      the mainichi

1000¥

Pada uang kertas 1000¥ menampilkan wajah tokoh Ilmuwan Jepang yaitu Hideyo Noguchi (野口 英世) yang dikenal sebagai ahli Bakteriologi Jepang yang menemukan spiroket yang menyebabkan sifilis. Dan pada sisi belakang uang kertas 1000¥ ini meampilkan Kanagawa Offshore Katsushika Hokusai yaitu ombak yang besar dengan Gunung Fuji sebagai latar belakangnya.

5000¥

Pada uang kertas 5000¥ menampilkan wajah tokoh Tsuda Umeko (津田 梅子) yang merupakan seorang pendidik Jepang, seorang Kristiani, dan perintis dalam pendidikan wanita Jepang pada periode Meiji. Sisi belakang uang kertas 5000¥ ini menampilkan Fujiフジ(藤)yang merupakan spesies tanaman berbunga yang dapat tumbuh hingga 30 meter diatas penyangga.

 

10.000¥

Dan pada uang kertas 10.000¥ menampilkan  wajah Shibusawa Eiichi (渋沢 栄一) yang merupakan seorang industrialis Jepang yang juga dikenal dengan Bapak Kapitalisme Jepang. Beliau mengenalkan Kapitalisme barat ke Jepang dan terlibat dalam pembangunan lebih dari 500 perusahaan dan banyak diantaranya merupakan perusahaan terbesar di jepang. Shibusawa Eiichi (渋沢 栄一) juga mendirikan Bank Dai-Ichi atau sekarang dikenal dengan Bank Mizuho. Dan pada sisi belakang uang kertas 10.000¥ ini menampilkan Tokyo Station (Marunouchi Station Building)

 

 

 

 

sumber :

https://www.mof.go.jp/currency/bill/20190409.html#top 

 

Respond For " 4 Design Baru Mata Uang Jepang "