PUASA RAMADHAN DI JEPANG

Sudah hampir dua minggu kita menjalankan ibadah puasa nih. masih kuat kan minna-san? Kuat dong ya! ^^

Pasti nih kalau sudah masuk bulan puasa grup angkatan kalian rameeeee~ “yuk BUKBER!”

Nah, selain buka bersama dirumah, menjalin silaturahmi dengan teman-teman saat bukber tidak boleh dilewatkan sepertinya. eits… seru saat bukber jangan sampai ngebuat kalian lupa beribadah ya!

Setiap harinya kita puasa kurang lebih sekitar 13 jam, “apakah di negara lain sama?” “jelas tidak.” salah satunya adalah Negara Jepang! “wow, terus puasa di Jepang berapa lama?” “yap. puasa di Jepang sekitar 16 Jam.” 3 Jam lebih lama daripada di Indonesia.

Bagi muslim Indonesia yang baru pertama puasa di Jepang mungkin akan merasa kaget. imsak pukul 02 pagi dan berbuka pukul 07 malam. Tapi bagi yang sudah merantau bertahun-tahun di Jepang pasti sudah terbiasa dengan lama nya.

Selain waktu yang lebih lama, akan menemukan banyak sekali perbedaan bulan Ramadhan di Indonesia dan Jepang, antara lain :

1.Di Indonesia rata-rata kita sering sekali menemukan beberapa restauran atau tempat berjualan makanan dan minuman buka hanya menjelang berbuka puasa. Bagaimana di Jepang? “jelas tidak sama.” kalian akan tetap menemukan restauran dan tempat berjualan makanan minuman sepanjang jalan dan mencium aroma makanan yang mak-nyus ! 😮

2. Di Indonesia, waktu pulang kerja biasanya sejam lebih cepat daripada hari biasa, Namun berbeda bagi Muslim yang bekerja di Jepang. Disana tidak ada toleransi pulang lebih awal. Jam kerja seorang Muslim di Jepang sama seperti Jam kerja biasanya.

3. Di Indonesia saat adzan berkumandang hampir di seluruh penjuru saling bersahutan, di Jepang sangat jarang kita menjumpai adzan berkumandang dengan kerasnya.

4. Sudah mulai banyak di bangun Masjid di Jepang, namun jarak antara satu dan lainnya jauh dan ada beberapa warga Muslim yang tinggal sedikit lebih jauh dari Masjid sehingga memungkinkan jika ingin pergi ke Masjid harus menaiki bus atau kereta terlebih dahulu. Berbeda dengan di Indonesia, dalam satu kota bisa terdapat ratusan Masjid.

Namun, Minna-san tidak perlu khawatir. Sekarang banyak WNI yang tinggal di Jepang, dan juga banyak sekali komunitas WNI di Jepang, salahsatunya KMII (Keluarga Masyarakat Islam Indonesia). Minna-san bisa  ikut dalam komunitas tersebut untuk menambah keakraban sesama warga negara Indonesia dan menambah saudara muslim baru yang sedang sama-sama merantau. Meski tidak seperti di Indonesia saat menjelang buka puasa kita menemukan banyak sekali penjual ta’jil di pinggir jalan, di Jepang WNI pun mengadakan Buka Puasa Bersama di Masjid, yang kemudian dilanjut dengan shalat tarawih.

 

                                                                                      https://news.okezone.com

                                                                                                      KBRI Tokyo

 

Tapi jika Minna-san yang baru pertama liburan ke Jepang saat bulan puasa atau tahun pertama merantau di Jepang inilah letak tantangannya bukan? yang terpenting adalah NIAT dari Minna-san ^^

Saat berada di Negeri orang, bertemu dengan seseorang dari negara sendiri pasti seperti bertemu dengan Keluarga.

Meski puasa 16 jam, letak Masjid yang cukup jauh. Namun, bertemu dengan keluarga dari negara sendiri dan silaturahmi adalah hal emas yang mungkin akan Minna-san temukan saat di jepang.

 

Kali ini akan kami rekomendasikan juga 3 Masjid di Jepang yang wajib Minna-san kunjungi saat berada di Jepang.

  1. Masjid Camii Tokyo 東京ジャーミ

Masjid Tokyo atau yang sering disebut Masjid Camii teletak di Perumahan Yoyogi Uehara Tokyo. Masjid terbesar yang ada di Tokyo ini memiliki arsitektur yang indah bergaya Turki. Masjid Camii ini dirancang dan dibangun oleh sekitar 100 seniman Turki yang diselesaikan dalam waktu 1 tahun. Banyak Muslim bahkan non-muslim yang sering berkunjung ke Masjid ini untuk ibadah atau melihat keindahannya.

                                                                                                       @tokyocamiii

2. Masjid Kobe 神戸モスク

Masjid Kobe adalah masjid tertua di Jepang yang dibangun pada tahun 1928 dan menjadi tempat ibadah pertama  Muslim di Jepang. Masjid ini juga masih kokoh pengebomam di Hiroshima dan Nagasaki saat Perang dunia II.

                                                                                                         niindo.com

3. Masjid Ja’me Yokohama 横浜ジャーメモスク

Masjid satu-satunya yang ada di daerah Yokohama ini dibuka pada tanggal 29 Desember 2006. Di Masjid ini juga ada kelas pendidikan Islam bagi anak-anak bagi komunitas Muslim di Yokohama.

                                                                                                    yokohama.jp

 

https://kbritokyo.jp/

https://news.okezone.com

 

 

Respond For " PUASA RAMADHAN DI JEPANG "