-Fushimi Inari Taisha- Tempat POPULER Di Kyoto

Kyoto adalah sebuah kota metropolitan yang terletak di Pulau Honshu, Jepang. Kyoto  populer dikalangan wisatawan mancanegara karena masih kental dengan seni dan budaya nya.

Negara Jepang mayoritas ber-agama Shinto atau Budha, maka dari itu terdapat banyak kuil. Di Kyoto pun terdapat sekitar 2000 kuil. Selain untuk beribadah, kuil-kuil ini pun menjadi salah satu destinasi para wisatawan untuk mengenal budaya Jepang lebih banyak atau hanya sekedar berkunjung untuk melihat/berfoto.

Salah satu yang terkenal adalah ( 伏見稲荷大社 ) Fushimi Inari Taisha. Kuil Fushimi Inari dibangun pada tahun 711, lalu dilakukukan pembangunan kembali pada tahun 1499 dikarenakan habis terbakar saat Perang Onin. Kuil ini merupakan kuil pusat untuk sekitar 40000 kuil Inari yang memuliakan Inari.

 

                                                                                                inari muza-chan.net

 

Kuil ini pun memiliki sekitar 10.000 torii yang berderet. Apasih Torii itu? Torii adalah pintu gerbang kuil yang merupakan pembatas antara kawasan tempat tinggal manusia dengan kawasan suci tempat tinggal Kami (Tuhan). Bentuk Torii berupa dua batang palang yang sejajar yang disangga dua batang palang vertikal, biasanya Torii ini dicat dengan warna merah / oranye.

Saat dilihat lebih dekat, didua batang palang sejajar vertikal terdapat nama dari seorang donatur. Torii biasanya merupakan sumbangan dari  keluarga dan perusahaan bisa dilakukan dengan patungan atau dengan cara individu atau perorangan. Untuk Torii sendiri yang berada di kuil ada 5 ukuran :

untuk Torii paling kecil saja nomor 5 seharga 175.000 Yen atau sekitar 22juta Rupiah, paling besar nomor 10 sekitar 160juta Rupiah. WOW… mahal ya minna-san ><

Jadi Semakin sumbangan yang diberikan banyak semakin besar Torii nya.

Jika Minna-san ingin turut serta menyumbang, bisa membayar sebesar 2000 Yen atau sekitar 200ribu Rupiah, namun dengan ukuran Torii yang kecil.

                                                                                                   muza-chan.net

Ada yang menarik Minna-san.. jika berada di kuil Fushimi Inara Minna-san akan menemukan spot tempat papan kecil digantungkan atau yang disebut Ema.

Ema adalah papan kayu kecil yang digunakan penganut Shinto untuk menuliskan permohonan / doa. Biasanya warga yang berkunjung ke kuil ini menuliskan tentang kebahagiaan, rezeki, prestasi, atau jodoh.  Atau bisa kita sebut Ema adalah papan doa.

Sebelum Menulis di Ema kita diwajibkan membayar sejumlah uang yang tertulis di dalam kotak sekitar 500 Yen atau sekitar 60ribu Rupiah dan mengambil Ema

Dipapan Ema tertulis Permohonan, Alamat, Nama dan tanggal berkunjung ke kuil. Kita bisa menulis pesan apapun pada papan Ema dengan bebas sesuai keinginan atau harapan kita.

 

                                                                                                       thedailyjapan

Dan jangan khawatir juga Kuil ini selalu buka dan tidak perlu membayar saat memasuki wilayah kuil. Jadi buat Minna-san yang sedang berada di Kyoto jangan kelewatan untuk mampir di Fushimi Inari Taisha ya ^^/

 

 

 

 

https://matcha-jp.com/id/370

japan-magazine.jnto.go.jp

https://id.wikipedia.org/wiki/Fushimi_Inari_Taisha

 

Respond For " -Fushimi Inari Taisha- Tempat POPULER Di Kyoto "